Huawei P30 Pro, Samsung Galaxy Note 10 Plus, iPhone 11: Mana yang Lebih Unggul?

Huawei P30 Pro, Samsung Galaxy Note 10+, iPhone 11: Mana yang Lebih Unggul?

Maret lalu Huawei secara resmi meluncurkan ponsel flagship terbarunya yakni P30 dan P30 Pro di Paris. Dari kedua seri terbaru ini, P30 Pro mengungguli seri lainnya karena menyajikan fitur yang baru dan lebih lengkap. Salah satu keunggulannya yakni empat kamera utama yang disusun vertikal dan salah satu diantaranya berteknologi 5x periscope zoom. Tidak mengherankan jika P30 Pro mampu menangkap objek foto dari jarak jauh dengan detail tajam. 

Belum lama ini, Samsung turut  mengeluarkan ponsel flagship terbarunya yang tidak kalah canggihnya yakni Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus. Kamera pada Galaxy Note 10 memiliki kemampuan yang sama dengan Galaxy S10. Kamera dari seri keluaran terbaru Samsung ini sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan fotografi Anda.

Setelah Huawei dan Samsung meluncurkan ponsel andalannya. Perusahaan teknologi terbesar dunia, Apple, tidak mau kalah. Pada September lalu, iPhone resmi memperkenalkan sequel iPhone terbaru yaitu iPhone 11. Di iPhone 11, letak kameranya berbeda dengan iPhone 10.

Kali ini kita akan membahas perbedaan dari ketiga ponsel keluaran terbaru ini yaitu Huawei P30 Pro, Samsung Galaxy Note 10 Plus dan iPhone 11. Anda yang mengikuti perkembangan smartphone pasti sudah mengetahui spesifikasi ketiga seri tersebut. Jika dilihat dari segi dapur pacu, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dari Huawei P30 Pro, Galaxy Note 10 Plus dan iPhone 11 untuk multitasking dan penunjang kebutuhan Anda. 

Kamera

Kamera menjadi bagian yang paling diperhatikan dalam persaingan smartphone flagship. Huawei P30 Pro dan Galaxy Note 10 Plus sama-sama dibekali dengan 4 buah kamera (quad camera) belakang dengan spesifikasi yang berbeda. Sementara iPhone 11 memiliki 2 buah kamera utama yang letaknya di belakang.

Huawei P30 Pro mengadopsi kamera Leica dengan konfigurasi 40MP f/16 + 20 MP f/2.2 + 8MP (telephoto) + ToF (Time of Flight) 3D camera. Teknologi Huawei ToF Camera membuat hasil foto menjadi lebih tajam, terutama dalam keadaan minim cahaya dan dapat membantu dengan efek blur dalam mode potrait.

Samsung menyetarakan Huawei dengan ToF baru yang ada pada Galaxy Note 10 Plus. Namun konfigurasinya masih lebih rendah dibandingkan Huawei yakni 12MP, f/1.5-2.4 + 12MP, f/2.1 + 16MP, f/2.2 + VGA f/1.4. Sayangnya Galaxy Note 10 Plus masih menggunakan konfigurasi 12MP. Selain itu, sensor ToF yang ada pada Note 10 Plus juga tampak tidak upgrade jika dibandingkan dengan Huawei P30 Pro dengan 50X Zoom dan fitur super low-lightnya.

Iphone 11 memiliki kamera utama baru, dengan konfigurasi 12MP f/2.4 ultrawide. Pada seri sebelumnya iPhone dilengkapi dengan mode telephoto. Ultrawide pada Apple sangat mirip dengan lensa Samsung 12 mm yang memberikan efek lebih luas dari kamera ultrawide lainnya pada ponsel kelas atas.

Kamera Depan

Huawei P30 Pro dan Galaxy Note 10 Plus mempunyai kualitas selfie di atas rata-rata. Kedua ponsel ini tepat untuk Anda pilih. Namun harus diakui bahwa kamera depan Huawei P30 Pro lebih unggul dengan sensor 32MP, f.2.0 dibandingkan dengan kamera depan dari Galaxy Note 10 Plus yang hanya 10MP, f/2.2. Aperture f/2.2 yang dimiliki Galaxy Note 10 Plus juga meninggalkan tanda tanya karena pada seri sebelumnya memiliki f/1.9. Padahal aperture yang lebih kecil justru lebih baik. Untuk iPhone 11, kamera selfie barunya yaitu 12MP dengan f/2.2 yang mampu merekam video 4K dan memiliki bidang yang lebih luas. 

Desain dan Fitur Baru

Tentunya Anda akan membandingkan ketiga desain dari ponsel keluaran terbaru ini. Dari desain, Samsung Galaxy Note 10 Plus dan Huawei P30 Pro terlihat hampir mirip dari sisi gradasi warna dan posisi kamera belakang. Sekilas mungkin serupa namun kenyataannya tidak. Karena Huawei P30 Pro lebih dahulu rilis, maka tidak salah jika ada yang menganggap bahwa Galaxy Note 10 Plus mengadopsi model Huawei. Sedangkan iPhone 11 desainnya serupa dengan iPhone 10, hanya saja peletakkan kameranya berbeda. Menariknya iPhone 11 tersedia dalam beberapa varian warna yaitu Hitam, Merah, Kuning, Putih, Ungu dan Hijau.

Untuk fitur, kedua ponsel android Huawei P30 Pro dan Samsung Galaxy Note 10 Plus sama-sama menggunakan chipset7nm dengan teknologi yang sama persis.Kemiripan lainnya adalah Huawei dan Samsung tidak lagi menggunakan jack headphone 3.5 mm. Berbeda dengan Apple, iPhone 11 dikemas dengan chipset 7nm terbaru versi Apple, A13 Bionic, tidak lagi menggunakan chipset seperti Qualcomm Snapdragon 855+ (7nm) dan Samsung 9825 (7nm). 

Harga

Huawei P30 dan Galaxy Note 10 Plus merupakan ponsel dengan harga superior. 

Samsung menetapkan untuk harga satu unit Galaxy Note 10 Plus dengan RAM 12GB dan ROM 256 GB sekitar 16 juta rupiah. Sementara Huawei P30 Pro dengan RAM 8GB dan ROM 256GB dibanderol seharga 10 jutaan. Untuk harga dari iPhone 11, pihak Apple mematok harga 9,9 juta rupiah, hal ini cukup mengejutkan karena lebih murah dari seri sebelumnya yaitu iPhone XR seharga 10,6 juta rupiah.

Jika kita bandingkan ketiga ponsel tersebut dari sisi teknologi kamera, desain, dan dapur pacu, Galaxy Note 10 Plus berada di peringkat pertama. Fitur dan kecanggihan teknologi dari Galaxy Note 10 Plus sangat mumpuni. Namun dari segi harga, ponsel ini tidak bisa dikatakan murah. Untuk Anda yang mencari ponsel dengan pertimbangan hemat dan efisien, maka iPhone 11 bisa menjadi pilihan yang tepat.